HAKIKAT MEDIA KOMUNIKASI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
Media komunikasi memiliki fungsi dalam kehidupan manusia yaitu sebagai alat,sarana dan saluran dalam menyampaikan gagasan,atau ide ide pikiran manusia itu sendiri. dikatakan demikian karena dalam fungsinya media komunikasi memperluas hubungan komunikasi antar manusia ,memperbesar kemampuan manusia menjalin hubungan komunikasi,menyediakan dan menyimpan pesan komunikasi entah itu merupakan ide,gagsan dan pikiran .media komunikasi juga mampu mendistribusikan pesan dari sumber ke khalayak atau Komunikan
Menurut Steven H.Chaffee Efek kehadiran Media Massa ,di bagi kedalam beberapa efek salah satunya efek Ekonomis dijelaskan bahwa keberadaan Media Massa sangat menguntungkan terutama bagi para tenaga kerja Karena akan banyak menyerap tenaga terampil di bidang komunikasi massa dan dibangunnya usaha distribusi dan konsumsi jasa media massa(dalam artian bekerja di Media Massa adalah mata pencaharian yang menjanjikan tak heran jika di era sekarang ini Jurnalist adalah pekerjaan yang banyak diburu oleh masyarakat .terbukti dengan semakin populernya jurusan jurusan “Broadcasting”di berbagai PTN/PTS )
Alasan banyak orang menggunakan media Massa bukan hanya sebagai fungsi hiburan (rekratif) tetapi lebih kepada ` isi dan informasi yang disajikan, hal ini mempunyai peran yang erat dalam proses sosial. Isi media massa telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat , sehingga apa yang ada di media massa akan mempengaruhi pikiran dan cara pandang masyarakat(disini Media massa sebagai Konsumsi otak masy).namun Hal ini akan menjadi sebuah “Bumerang” jika media massa tidak menjaga keakuratan dan kualitas dari penyajian beritanya .hal-hal yang bisa saja merusak keakuratan dan kualitas penyajian berita oleh media massa tersebut yaitu lembaga tempat bernaung media massa .ada realitas media di Indonesia akhir akhir ini yang membuat saya kaget yaitu kedekatan media massa dan Partai politik .ada banyak pemilik media besar yang bergabung dengan PArpol.sebut saja Metro TV,Viva Media dan yang belum lama ini bergabung adalah CEO MNC group yang mengepakkan sayapnya di Partai Nasdem.kalau menurut saya pribadi fenomena ini akan menjadikan keakuratan & kredibilitas media massa menurun .contoh kasus yaitu aduan yang diterima Komisi Penyiaran Indonesia perihal pemberitaan yang mengandung unsur politik memihak oleh Metro TV & TVONE dimana Pihak Partai Demokrat merasa dirugikan oleh pemberitaan tsb.(Kompas.com 23 feb 2012)hal ini, baik secara langsung ataupun tidak langsung masyarakat akan menjadi korban media massa .peran & fungsi media massa pun sudah mulai bergeser dengan hadirnya warna baru ini dalam Ruang lingkup media massa.